Jumat, 23 April 2010

Pembuatan Edukatif Interaktif Berbasis Multimedia (I)

“Kebutuhan informasi dirasa penting bagi semua kalangan. Termasuk kalangan pasien yang membutuhkan informasi secara detail tentang segala jenis pelayanan kesehatan rumah sakit. Selama ini, RSU Dr.Soetomo masih menggunakan media tradisional dalam hal penyampaian informasi kepada pasien. Tugas akhir ini bertujuan merancang dan membuat sistem layanan informasi rumah sakit berbasis kiosk dengan memanfaatkan data informasi di instalasi yang tersedia. Manfaat sistem ini adalah sebagai media penerima dan penyampai informasi yang terstruktur, konsisten dan dinamis dalam satu paket multimedia, sekaligus sebagai strategi differensiasi pelayanan bagi rumah sakit. Adapun metodologi yang digunakan adalah dimulai dengan identifikasi dan analisa kebutuhan informasi melalui survey lapangan dan kuisioner sebagai bahan isi materi sistem kiosk. Identifikasi kebutuhan sistem dan desain sistem dengan DFD dan ERD. Implementasi dari desain sistem menggunakan tekhnologi Macromedia Flash MX (ActionScript), PHP, dan MySQL. Semua file multimedia dan data informasi dari server database MySQL akan dipanggil dan disebarkan kepada Flash client melalui jalur web. Terakhir Dilakukan evaluasi dengan lingkup aspek kebutuhan informasi, aspek teknis, aspek bahasa dan aspek desain. Uji coba yang dilakukan meliputi aspek : Kebutuhan Informasi, Teknis, Bahasa dan Desain. Dari hasil kuisioner dan wawancara didapat kebutuhan informasi pasien meliputi : persyaratan, alur, tarif, biaya, denah, jam, antrian, fasilitas, status dokter, pencarian pasien rawat inap.Penayangan info dalam format sound berjalan lebih lambat. Untuk aspek desain dan bahasa dibuatkan kuisioner untuk pengguna.”

Sejauh ini masyarakat masih menggunakan cara yang tradisional dan manual dalam mencari informasi tentang layanan kesehatan pada rumah sakit setempat. Hal ini sangatlah tidak efisien karena seorang pasien banyak menghabiskan waktu dan biaya untuk mendapatkan informasi layanan kesehatan jika seorang pasien harus mendatangi setiap rumah sakit setempat yang ada di daerah tertentu.

Dengan adanya teknologi informasi sekarang ini seorang pasien dapat lebih efisien dalam mencari informasi tentang layanan kesehatan pada rumah sakit tertentu. Apalagi jika layanan informasi tersebut mengadopsi teknologi multimedia yang interaktif, dengan teknologi multimedia nantinya diharapkan informasi kesehatan dapat di sampaikan dengan terstruktur dan konsisten kepada pasien.

::Dasar Teori ” Multimedia ” :

adalah kombinasi dari komputer dan Video (Rosch,1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar, dan teks(McCormick,1996) atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat audio(suara, musik), animasi, vidio, teks, grafik dan gambar (Turban dkk,2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis atau interktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio,dan gambar vidio (Robin dan Linda, 2001).

Adapun tahap dari desain dan perancangan perangkat lunak sistem informasi berbasiskan multimedia ini adalah sebagai berikut :

  1. Perancangan DFD : Desain DFD dilakukan dari DFD Konteks diagram sampai dengan DFD level dimana setiap level memperinci dari proses sebelumnya.
  2. Perancangan Media Penyimpanan Data : Dari DFD yang telah dibuat dan kamus data yang telah didefinisikan dengan proses penormalisasian barulah database serta tabel-tabelnya dibuat.
  3. Perancangan Antar Muka : Perancangan antarmuka ini memilki 2 (dua) tahap pengerjaan yaitu tahap Perencanaan Hierarki Antarmuka dan Tahap Desain Antarmuka. Secara garis besar sistem ini terdiri dari 2 (dua) antarmuka yaitu Manajemen Data Informasi : [ Antar muka ini diperuntukkan khusus bagi pihak administrator dalam memanajeman semua data-data informasi. Pada antar muka ini juga akan diimplementasikan sebuah perangkat lunak dengan bahasa pemrograman PHP ] dan View Data Infromasi : [Antar muka ini diperuntukkan untuk umum terutama pihak pasien dalam melihat semua informasi hasil proses manajemen dari Admin. Pada antar muka ini akan diimplementasikan sebuah perangkat lunak dengan menggunakan macromedia Flash MX dengan actionscript-nya].

0 komentar:

Posting Komentar