Jumat, 23 April 2010

Pembuatan Edukatif Interaktif Berbasis Multimedia (II)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika melalui penerapan media pembelajaran berbasis I.T sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 3 Ngadirejo Temanggung. Perumusan pembelajaran ini dilakukan oleh guru matematika, peneliti dan kepala sekolah. Guru matematika sebagai subjek pemberi tindakan yang berkolaborasi dengan peneliti, dalam hal ini peneliti juga berperan sebagai observer, kepala sekolah sebagai subjek pembantu, perencana, dan pengumpulan data penelitian, dan siswa kelas VIII A yang berjumlah 37 siswa sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, test, dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika, hal ini terlihat pada hasil test sebelum penelitian yaitu hasil belajar matematika siswa mencapai 24,32% dan nilai rata-rata siswa mencapai 5,65; pada hasil test putaran I hasil belajar matematika siswa mencapai 45,94% dan nilai rata-rata kelas mencapai 6,21; pada hasil test putaran II hasil belajar matematika siswa mencapai 51,35% dan nilai rata-rata kelas mencapai 6,65; dan pada hasil test putaran III hasil belajar matematika siswa mencapai 81,08% dan nilai rata-rata kelas mencapai 7,32. Dengan adanya peningkatan hasil belajar matematika yang dicapai siswa tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan media pembelajaran berbasis I.T dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

0 komentar:

Posting Komentar